Serba-Serbi Kopi Susu, Si Manis Yang Jadi Favorit Banyak Orang

August 5, 2022
written by:
Bang Jago

Halo Sobat Jago! Ketemu lagi dengan artikel yang masih fresh from the oven dari Bang Jago. Gimana kabarnya? Udah pada ngopi belum nih? Buat yang belum pernah pesen Jago Coffee, artikel ini cocok banget buat kalian, karena kita akan ngobrolin salah satu menu favorit yang paling laris dipesan di Jago Coffee. Bukan cuma itu aja, menu ini juga varian kopi yang paling lazim ditemui di hampir setiap kedai kopi atau coffee shop. Bahkan, kopi instan bubuk juga paling banyak dijual dengan base varian ini. Udah bisa nebak dong, varian kopi apa yang bakal dibahas pada artikel ini? Yup, bener banget kita bakal ngobrolin tentang Kopi Susu! Penasaran? Langsung simak artikel berikut ini ya sobat Jago.

Sobat Jago tau gak sih, ternyata kopi susu punya sejarah panjang yang unik lho. Menurut buku All About Coffee yang ditulis oleh William.H.Ukers yang terbit di tahun 1922, orang yang pertama kali mencampur kopi dengan susu adalah seorang duta besar untuk Cina dari Belanda di tahun 1660 yang bernama Nieuhoff. Ia melakukan ini karena terinspirasi dari minuman teh yang bisa dicampur dengan susu. Kemudian, 25 tahun setelahnya, seorang dokter terkemuka dari Grenoble, Perancis, merekomendasikan kopi susu sebagai obat. Wah, ternyata selain enak rasanya, kopi susu dulu pada awalnya sempat dijadikan sebagai obat Sobat Jago. 

Kopi Susu Jago

Perjalan unik kopi susu gak berhenti sampai di situ. Tahun 1930, kopi susu ditemukan secara tidak sengaja oleh para pemilik restoran dan apotek yang ingin menarik pelanggan baru dengan minuman yang kreatif dan inovatif. Usaha ini berhasil, dan kopi susu jadi minuman favorit bagi penduduk Rhode Island and Southeastern Massachusetts. Permintaan dan minat masyarakat terus bertambah, dan hari ini kopi susu di daerah tersebut sudah mengalahkan Del’s Lemonade sebagai minuman resmi dari Rhode Island! 

Sobat Jago tau gak sih, bahkan saking populernya kopi susu ini, mahasiswa yang belajar di Brown University dan University of Rhode Island bisa minum kopi susu dari keran yang ada di dining hall kampus! Hal ini sempet bikin heboh mahasiswa asing yang belajar di dua universitas tersebut. Kebayang gak sih kalau ada di Indonesia, bakal ngantrinya sepanjang apa 😜

Nah, kalau di Indonesia sendiri gimana? Menurut beberapa sumber yang Bang Jago baca sih, kopi susu di Indonesia sudah ada sejak tahun 1927. Tepatnya di salah satu kedai kopi legendaris yang masih eksis sampai hari ini yaitu Kopi Es Tak Kie yang berada di daerah Glodok, Jakarta Utara. Berarti kopi susu sudah 95 tahun eksis di Indonesia 😱

Nah, kalau menurut data dari Euromonitor, di tahun 2018 ada 120 juta liter kopi susu terjual di Indonesia. Kelihatannya banyak banget ya, padahal tahun 2013 jumlah pembelian kopi susu di Indonesia ‘cuma’ 50 juta liter. Artinya, permintaan untuk kopi susu semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sobat Jago mungkin salah satu faktor yang membuat permintaan untuk kopi susu terus meningkat karena sering langganan Kopi Susu Jago yang harganya Rp 8 ribu saja ☕

Tapi ternyata, selain enak diminum, kopi susu juga punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh Sobat Jago. Tentu saja dengan catatan kalau diminum dalam batas wajar, dan tidak berlebihan. Apa aja sih manfaat dari minum kopi susu untuk kesehatan tubuh? Dirangkum dari berbagai sumber, Bang Jago menemukan setidaknya ada 5 manfaat yang bisa didapatkan dari minum kopi susu secara rutin.

Es Kopi Susu 

Manfaat yang pertama adalah mengurangi depresi. Tahu gak Sobat Jago, ternyata minum kopi susu 1-2 cangkir sehari bisa berfungsi sebagai antidepresan ringan yang bisa menghasilkan rasa nyaman pada otak. Dengan begitu bisa membuat kondisi mental seseorang menjadi lebih baik.

Selanjutnya kopi susu juga dapat meningkatkan suasana hati. Tidak hanya dapat berfungsi sebagai antidepresan ringan, minum kopi susu juga bisa mencegah perubahan suasana hati sehingga bisa mempertahankan mood bahagia. Hal ini disebabkan oleh kafein yang ada pada kopi dan kandungan yang ada di dalam susu yang bisa mengendalikan mood lewat neurotransmitter dalam otak.

Butuh suntikan energi? Cobain minum kopi susu, karena kandungan kafein dalam kopi susu membuat aliran darah mengalir ke otak lebih lancar. Hal ini menghasilkan neurotransmitter bernama adenosine, yang bekerja layaknya dopamin alami untuk menambah energi pada tubuh.

Manfaat selanjutnya adalah, ternyata minum kopi susu juga bisa mencegah kerusakan hati! Eits, ini kerusakan hati yang disebabkan infeksi yah Sobat Jago, bukan karena abis ditinggalin ayang :(

Kalau selama ini yang terkenal sebagai salah satu minuman yang dapat mencegah kerusakan hati adalah kopi hitam, ternyata kopi susu juga dikatakan sebagai salah satu minuman super yang dapat melindungi organ hati dari kerusakan seperti sirosis hati. Minum 2 cangkir kopi susu setiap pagi bisa menurunkan resiko terkena sirosis hati sampai 44% lho! 

Nah yang paling oke adalah ternyata minum kopi susu juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung! Sobat Jago udah tau belum kalau kopi bisa membersihkan sistem dan menjaga jantung agar berfungsi secara optimal sekaligus menyembuhkan aritmia, irama jantung abnormal. Sementara susu sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang banyak mengandung vitamin dan zat-zat yang baik bagi tubuh dan dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular alias penyakit pada jantung. Selain itu, kalsium, magnesium dan kalium yang tinggi pada susu juga mampu menurunkan resiko stroke.

Gimana? Banyak banget kan manfaat dari minum kopi susu! Tapi ingat ya, minumnya juga jangan berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak baik. Kalau mau minum kopi susu dengan harga yang super terjangkau, rasa enak, higienis, dan dari bahan-bahan berkualitas tinggi, cobain Kopi Susu Jago aja. Makin enak kalau langganan JAGO+ Bebas, yang bisa buat Sobat Jago nyobain semua varian minuman yang ada di Jago Coffee termasuk kopi susu Jago setiap hari selama sebulan tanpa tambahan biaya lainnya. Cobain sekarang di sini.

Stay connected.

Subscribe to our newsletter to receive latest news and updates about Jago!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.